Wednesday, August 30, 2006

AGUSTUS : ANTARA LIBURAN,KEHILANGAN,NYEKAR DAN 17 AN

AGUSTUS : ANTARA LIBURAN,KEHILANGAN,NYEKAR DAN 17 AN


Seperti biasanya,setiap memasuki bulan Agustus,seperti juga tahun-tahun yang lalu....aku dan anak-anak siap-siap untuk pulang ke Indonesia menengok Orang tua.Terlebih-lebih ibu jauh-jauh bulan (bulan juni kalau tidak salah) sudah menyebarkan cerita kalau Eyang Bapak rindu berat dengan Puti,anakku yang kecil.
"Nok,bapak ki saiki nduwe kesenengan anyar.......setiap sore sinambi pinarak ning ngisor wit blimbing karo ngambungi fotone si Puti,koyo karo pacare kae si",......We la dalah......yen wis ngene kan yo ra bisa selak tho.
Dirancang dengan rapi...selama disana ngapain aja......akhirnya diputuskan untuk pulang tanggal 8 Agustus....hari selasa....bukan hari libur.....jadi siap-siap ndak ada yang njedul njemput di bandara.
Ehhh,syukur Alhamdulillah...adik ipar jatuh iba......kepikiran yen mbakyu satu-satunya persis koyo TKW pulang kampung.....Nggowo koper ndak trima 3 ning 5 (sing 2 titipan teman2 untuk sodara-sodara dikampung,1 titipan mbak mun "kitchen kabinet"ku).
Tiwas wis nggaya.......ning tetep angkut-angkut sendiri koper2nya.
Alhamdulillah sisa-sisa tenaga kuli masih ada....
Mancal mlandang mabur dengan MAS dudu Gruda (lha golek gratisan je mas Mamat).
Sampai di Jakarta sore hari..........
Sampai nDepok Maghrib.....langsung anakku yang besar membuka daftar makanan yang harus dicicipi selama di Indonesia.
Kesempatan pertama jatuh ke........BUBUR AYAM dekat pasar nDepok baru..........
Nyam.....nyam......nyam.......bubur ditambah irisan cakwe plus kacang kedele disiram bumbu.....dan jangan lupa........tambahi sambel godhog e........Waaaahhhhhh.....sumprit......yen panjenengan kabeh ora ngiler yo kebangetan.


Besok harinya aku dan anak-anaku sudah berada di kereta api Argo Muria menuju Pekalongan,tanah kelahiran,tempat dimana sebagian awal hidupku aku habiskan disana.
Bau malam kota Pekalongan tercium hangat begitu pintu kereta terbuka,semua serba terburu-buru..karena kami semua yang turun di Pekalongan hanya diberi waktu 5 menit untuk turun.Bayangkan.......dengan 2 koper dan 2 anak tanpa porter.......terbukti betapa "kulinya" aku.......

Setelah menghabiskan semalaman bobok bareng ibu...pagi-pagi tanpa mandi,hanya sikat gigi,kami bertiga mulai berburu makanan.......
Yap perburuan dimulai,dengan becak langganan yang "digenjot" pak Rohan (nggak digenjot dhewe kok.....masih inget kalau aku tu perempuan),kami menuju ke SOTO AYAM PAK TO.....sebelah SMP 2.
Banyak warung Soto Ayam di Pekalongan,tapi hanya ada 1 soto ayam dengan bumbu bening tanpa taoco,dan hanya melayani untuk sarapan saja....Ya SOTO PAK TO itu.
Sudah terbayang hangat dan sedapnya soto...tetapi....eng ing eng.....ternyata tutup sodara-sodara.......Wis jan ngeces aku...tes...tes...tes.....yen dikumpulake sak baskom kae akeh e.
Lupa aku..kalau di Pekalongan hari libur umumnya adalah hari Jum'at.
Ya sudah pulang sambil mampir ke BOLANG-BALING depan PLN......Bolang-baling dengan kelembutan bantal,lapisan gula dan wijen diatasnya,digoreng dengan kerenyahan yang luar biasa.......sekali kita gigit.....sensasi di mulut mengalahkan roti-roti modern lain.........hmmm....hmmmm sedapnya...nyam-nyam.

Hari Sabtu pagi-pagi,aku dan anak-anak sudah berada di depan warung Soto Ayam Pak To sejak mereka dhasaran.....lha Nissa sudah termimpi-mimpi maem soto disitu.
Begitu Bu To (sudah alih menejemen sejak Pak To meninggal) memberi tanda.kami langsung "ngecup" tempat duduk,sebuah bangku panjang yang tidak pernah berganti sejak pertama aku diajak bapak ke warung ini).
Pesan soto dan es teh (sungguh...rasa es teh nya nggak ku ku bo........uennaaaaak buaanget) seperti biasa.
Soto ayam datang dalam mangkuk kecil,pas,tidak sebesar mangkuk laksa di KL yang untuk mulai makan saja sudah butuh keberanian....saking banyaknya porsi.
Harum wangi perpaduan soun,ayam goreng suwir,gorengan usus yg tetap kemriyuk waktu dimakan dan kuah bening......begitu dicampur dengan air jeruk nipis,ditambah kecap manis sedikit dan lombok godhok........Waaaahhhhh benar-benar luarrr biassaaa sedapnya......ditemani dengan mi usek..........
bener-bener tiada duanya deh.....

Minggu aku dan anak2,ditemani tante hunting sarung dan batik.......sudah mendekati lebaran kan.....tradisi di keluarga,Bapak selalu membagikan sarung kepada kenalan.Na aku jadi kepikiran kalau satpam di Condoku tak oleh-olehi batik aja (biarpun mereka orang dari Nepal,kalau baju batik kan tetep bagus tho dipakainya?).
Pekalongan bener-bener deh......Alhamdulillah denyut perniagaan apa saja masih terasa kencang.
Walhasil 1 kodi sarung,1 kodi baju batik,1 kodi kebaya aku bawa ke rumah.Sarung aku tinggal di rumah sedang hem dak kebaya akan ikut terbang ke KL (nggak kepikiran over weight waktu itu).
Pulangnya mampir maem TAOTA KIRI di depan PPIP dulu.......kalau yg ini ndak usah diceritakan....ndak marahi podo kruyuk-kruyuk perutnya.......tapi asli.......SEEEEDDDEEEEEPPPPEEE POK.
Bablas langsung ke nDoro.

Senin,kami ber 6 ke Semarang mengantar Bapak yang rutin Check Up ke dr internis di RS Telogorejo.
Ssssst ada SOTO BANGKONG disana..........ndak usah diceritakan ya......ning itu lho......Baceman iso,Garang asem bungkus,sama sate uritannya......TOP GANJROT.
Sempat nengok EIK (Tanti Poernomo) yang kantornya hanya bersebelahan dengan soto bangkong......
Langsing banget dia....aku minder deh....lha saiki aku sak ho hah gedhene.
Kunjungan Bapak ke Dr Internis tidak sukses.Biarpun sudah telpun dulu pagi harinya,ternyata saat jamnya tiba...pak dokter dengan kekuasaan yang luar biasa mengatakan CUTI MENDADAK.......Bayangin brur.....jauh-jauh dari Pekalongan.....nunggu sampai jam 5 sore hanya untuk dikabari DOKTERNYA CUTI MENDADAK....Hebat banget ya .....Bapak dapat no urut 3 lha yang no urut 1 dan 2 yang terlebih dahulu datang ya hanya bisa bersungut-sungut saja......
Alhamdulullahnya,untungnya,Bapak sangat menikmati perjalanan (dipaksakan juga mungkin).
Sepanjang perjalanan Pekalongan-Semarang-Pekalongan aku tidak mendengar keluhan bapak sedikitpun.Bahkan masih tertawa riang mendengar cerita ibu antri di toilet Mall Ciputra,padahal untuk duduk di mobil saja sudah perjuangan berat untuk seorang yang terkena stroke 2X.
Alhamdulillah tidak ada halangan apapun.

Selasa dinihari,pukul 01.30 tidur nyenyakku terputus oleh dering telpon.Bapak dan ibu selalu membiarkan telpon malam sampai berhenti....tapi aku selalu beranggapan pasti ada sesuatu jika seseorang menghubungimu malam-malam......
Ternyata memang khabar itu mengabarkan kalau adik bapak,om Setyardjo meninggal dunia di Surabaya.INNALILLAHI WA INNALILLAHI ROJIUN.
Om Djo,begitu kami menyapa,meninggal dalam keadaan tentram,tanpa gerah apapun,meninggal dalam sarenya......Mudah2an Allah menerima amal baik Om Djo dan mengampuni dosa2nya.
Om Djo dimakamkan di Temanggung,di tempat beliau pernah mengabdikan diri sebelum pensiun....
Aku nderekke tante2 dan om2 takziah ke Temanggung.Anak2 aku tinggal di Pekalongan.
Karena besok adalah perjalanan ke Solo untuk nengok rumah Mloyokusuman dan Nyekar Eyang anak2.

Rabu,perjalanan ke Solo yang sangat-sangat lama....MACET.....NGGREMET.....
Seluruh kota sedang sibuk mempersiapkan acara untuk 17 Agustusan........bayangin Pekalongan-Solo yang biasanya ditempuh hanya dalam waktu 3,5 jam.....ini memakan waktu 6 jam.......
Lemes......karena ndak bisa berhenti dimana-mana.....keinginan maem cuma di 1 tempat......SOTO NGGADHING solo.........
Sampai di Solo jam 3 sore,langsung njemput Mbakyu ipar......tancap ke SOTO NGGADHING.....
sama saja dengan soto bening lainnya......segernya...... tapi SATE PARU GORENG yang kemriyuk itu......ditambah daging goreng yang kuandhelnya sak bantal tapi ueemmmphuuk........swedhap shekali.....he he he.
Sore itu juga kita langsung menuju ke sarean di kartosuro...lewat pabrik jeans namanya TIFONTEX.......
Lha apa istimewanya? ndak lain dan ndak bukan karena murmernya itu ibu-ibu......dengan kwalitas jeans yang ok,tapi harganya......ck..ck..ck. tapi ya itu karena murah...begitu datang dari pabrik langsung ....wesssss.....bablasss barang.....enthek alias seeb alias tidak tersisa.Yang dapat rejeki hanya Puti,jeans yang cantik hanya dihargai Rp 22.500....dan dia dapat disc 50%.....lha aku ming mbayar Rp 11.250...bayangpun!!!!!.
Malam harinya (karena anak-anak nggak mau pulang,minta nginep bareng-bareng dengan sepupu mereka yang lain),kami berkesempatan maem RISSOLLE solo,di SUMBER BESTIK depan Stadiun......nunut istilahnya mas Wiwiek....Kalau ke Solo iku "keplek ilat" atau memanjakan lidah.......masakan apapun di solo memang terbukti......ENAK LAN ENAK BANGET.....
Bener-bener uennakkkk dan muraaahhhh ,kami ber 11 yang keluar dengan perut didoyong ke depan,lubang sabuk diundurke 2 lubang.....hanya mbayar Rp 200.000........
Trus satu lagi......Es Susu Segarnya itu lho.........ndak ada lagi di Jakarta tho......
Yang pernah sekolah di Yogya pasti nggak bisa melupakan susu segar sepanjang jalan Solo.......segeerrr teenann.

Pulang dari Solo......lancar buanget....hanya 3 jam perjalanan saja...Jalan-jalan sepi.....setelah upacara 17 an.Perayaan tradisi ada di semua tempat.
Begitu sampai di Pekalongan lagi,sudah disambut lomba-lomba.
Aku jadi juri lomba masak nasi goreng.....lumayan.....satu piring satu sendok...jadi kenyang juga khan.....
Si Puti antusias betul ikut lomba makan kerupuk,memasukkan paku dalam botol,membawa kelereng dalam sendok.....sebenarnya dia dapat hadiah...tapi berhubung penyerahan hadiahnya pas malam minggu,kami sudah pulang ke Jakarta saat itu.
Na.....kalau ada cucu dan eyang bersekongkol "njebloske" anak dan ibunya...disitu tempatnya.....
Aku didaftarken ikut lomba balap karung........coba bayangken.......wis 40 thn lawan dengan ibu2 sing isih kinyis-kinyis......
Start......lari dulu ke arah karung.....perasaanku sudah lari sekuat tenaga......lha yang nampak kok kayak slowmotion the six million dollar man kae lho.......sikilku ndedhel gak gelem mlayu.....biarpun akhirnya sampai ke garis finish.......sumprit itu adalah perjuangan mengambil nafas yang terberat....ngos-ngosan booo......ditambah isiiiin mergo "njlungup" kesandhung karung......amit-amit.....

Besoknya kami sudah duduk manis lagi di kereta api Argo Muria menuju Jakarta.


Si Puti dapat je

0 Comments:

Post a Comment

<< Home