Sunday, January 01, 2006

SESAAT SETELAH PINTU TAHUN TERLEWATI

Mencoba mengumpulkan kembali serpihan cerita yang tercecer selama tahun 2005.Merangkai satu demi satu cerita,hari demi hari,minggu demi minggu,bulan demi bulan yang akhirnya menutu buku akhir tahun.Adakah yang tertinggal?Adakah menggoreskan luka buat orang2 disekitar?Apalah artinya jika kebahagiaan yang kita dapat ternyata menyisakan luka buat orang lain.Masih banyak cara meraih kebahagiaan tanpa melukakan orang lain bukan?Selalu mensyukuri apapun yang telah diberikan Allah untuk kita,karena yakin semua anugerah Allah selalu yang terbaik.Selalu menerima apapun yang sudah diputuskan oleh Allah sepahit apapun,yang Insya Allah tidak akan diberikan jika kita tidak mampu menanggungnya.Termasuk kehilangan seorang kawan disini.ditempat kita mengais rejeki.Seperti kata om Iswani keberadaan kita di Malaysia ini hanya sementara,seperti juga keadaan kita di dunia."Manungsa iki ming sak dermo nglakoni".Manusia itu hanya menjalani,apa apa yang ditetapkan Illahirobbi.
Satu kawan datang,satu kawan pergi.Yang lama menghilang,yang baru menjelang.Selamat jalan Pak Atria,bu Esti,semoga di tempat yang baru semuanya menjadi lebih baik.Kesehatan,ketaqwaan,rejeki,kerukunan,kebahagiaan dilimpahkan oleh Allah SWT atas keluarga.
Ada satu resep yang diajarkan oleh ibu Esti waktu itu kepadaku yang ingin aku bagikan pula untuk rekan rekan yang lain,semoga bermanfaat.Sudak aku praktekkan beberapa kali dan Alhamdulillah berhasil.

LASAGNA

BAHAN :
Pre coocking lasagna/Instant lasagna/lasagna yang tidak perlu dimasak terlebih dahulu.
250 gr keju chedar,parut.
100 gr keju mozarela.parut.
SAOS PUTIH
2 ltr susu putih fresh (boleh 1ltr susu+1ltr air/500cc susu+1,5ltr air tergantung kesukaan terhadap susu-ndry).
100 gr keju chedar parut.
SAOS MERAH
1/2 kg daging cincang (boleh ayam/sapi)
1 botol besar saus tomat (atau buat sendiri dari 1 kg tomat segar dicincang+sledri).
2 bawang bombay cincang kasar
garam,gula,merica,oregano.
1 sdm butter/mentega.

CARA MEMBUAT :
SAOS PUTIH.
1. Panaskan 1,5 ltr susu/campuran susu dalam api sedang.Sedang sisa 500cc campurkan dengan 5-10 sendok makan tepung,pastikan tercampur dengan baik.
2. Setelah susu mendidih,kecilkan api,masukkan campuran tsb kedalam rebusan susu,aduk dengan baik sampai kental.Sisihkan.

SAOS MERAH :
1.Panaskan sedikit minyak zaitun,masukkan bawang bombay,goreng sampai harum.
2.Masukkan daging cincang.Masak sampai matang.Pastikan semua daging cincang yang masuk berubah warna.
3. Masukkan saos tomat/tomat cincang dengan sledri.
4. Tambahkan 100cc air.
5. Masukkan garam,gula,merica,oregano sesuai selera.
6. Masak sampai matang.

Sesaat sebelum memasak saos putih,lelehkan butter/mentega,masukkan kedalam pinggan tahan panas yang akan digunakan untuk tempat membuat lasagna,sisihlan biarkan dingin.
Susun semua bahan berselang-seling sebagai berikut :
1.Butter/mentega.
2.Lasagna
3.Saos merah
4.Saos putih
5. 1/3 keju chedar.
6.Berulang kembali susunan tsb.
7.Sampai pada susunan teratas selain dibubuhi keju chedar juda keju mozarella.
Selamat mencoba,semoga kenangan manis bersama bu Esti selalu terbawa oleh kita.......SELAMAT JALAN JENG.ALL THE BEST FOR YOU AND FAM.

0 Comments:

Post a Comment

<< Home