Wednesday, December 28, 2005

Antara setup sampai wedang jahe

Ini kali pertama aku menulis di dunia maya,sebelumnya aku selalu menulis diatas kertas,kertas apa saja yang aku temui pada saat keinginan untuk menulis begitu kuatnya.Tetapi karena kertas apa saja,dimana saja,sampai sekarang aku tidak punya satu lembarpun hasil tulisanku,hilang,terbang bersama waktu."Sayang ma,kalau kenangan itu hilang begitu saja,mbak buatkan blog untuk mama ya".Begitu kata annakku tertua,Nisa,setiap kali dia menemukan kertas coretanku diatas meja belajarnya atau terselip diatara tas yang pernah aku pinjam.Blog?Menulis di komputer?Benda yang sangat akrab dengan anak2ku,suamiku yang bahkah kebersamaan mereka melebihi kebersamaannya denganku?I hate that thing!Dia mampu merampas orang2 tercintaku tanpa aku mampu melawannya.Dan sekarang anakku sendiri yang menyarankan aku memakai komputer,bahkan membuatkan untukku blog!Aku menyerah kalah,sekarang aku ikut alur mereka menggunakan komputer.Merangkaikan kata kata tanpa takut kehilangannya?.Tetap saja kegairahan menulis yang meluap sewaktu-waktu harus ditunda.Tapi paling tidak hubunganku dengan anakku bertambah dekat lagi,karena dia mentorku,yang selalu sisp setiap saat jika aku tidak tahu harus bagaimana dengan komputerku.Aku harus mencoba mencintai kegiatan ini.Mudah2an waktu pula yang dapat menterjemahkannya.

Dari jendela aku melihat hujan turun dengan lebatnya,padahal hari masih pagi,anak2 sedang libur sekolah.Bermain diluar pastinya tidak bisa,bermain dirumah pastinya mereka bosan.Ah......tiba tiba terlintas masakan yang biasa ibu mertuaku buat jika dalam keadaan dingin seperti ini.Aku buka kulkas.Aku punya susu,keju,ayam,dan pasta..........Hari ini SETUP MAKARONI merupakan pilihan yang bagus.Hangat,cepat dan mudah.

SETUP MAKARONI

BAHAN:
250 gr makaroni/pasta yang lain.
200 cc susu cair hambar(dari susu cair/susu bubuk yang diencerkan)
100 gr keju chedar diparut
10 bawang merah diiris halus
merica,pala,garam,gula,oregano sesuai selera.
1 dada ayam dipotong dadu
CARA MEMBUAT:
1.Pasta direbus sampai matang,tiriskan,sisihkan dituangi minyak zaitun supaya tidak lengket.
2. Tumis bawang merah hingga harum,masukkan ayam,aduk sampai ayam matang/berubah warna.
3.Masukkan susu cair,tambahkan 400 cc air biasa.Biarkan mendidih sebentar.bubuhkan garam,merica,pala,oregano dan gula.
4. Sesaat sebelum dimatikan,masukkan parutan keju chedar.
5.Sajikan dalam mangkuk yang telah diisi makaroni/pasta,siram dengan kuahnya,santap selagi hangat.

Membayangkannya sudah sedap.aku akan coba,mudah2an seenak yang kubayangkan.

Pernah terfikir untuk memanfaatkan ujung batang sere yang selalu kita buang?Ramuan minuman ini aku dapatkan pada saat mengantar suamiku nyekar ketempat eyang-eyang,di makam raja-raja imogiri.Sementara menunggu suami aku dijamu makanan khas jawa:baceman,mi goreng,peyek dan seduhan ramuan dari daun2an.Seeeddaaaap,menggugah selera.Dengan ukuran yang super besar,bacem tahunya sebesar 4xmouse,peyeknya sebesar konde Mbak Waljinah,aku harus punya perut ekstra kosong untuk menghabiskan satu saja bacem tahu,satu peyek dan satu telur asin.Tetapi diluar itu,seduhan ramuan itu yang tidak ada duanya suedaapnya.Dibawah rerimbunan pohon,diselimuti rintiknya hujan,benar-benar suasana yang tepat untuk menikmatinya.Aku mencoba mengingat isi dari ramuan itu,tetap saja ada 1-2 daun yang tidak aku tahu,beruntung seorang abdi dalem bersedia memberitahukan apa saja isi ramuan itu :

WEDANG JAHE SERE
Untuk 1liter air :
2 ruas jempol jahe dipukul
3 iris sere bagian ujung (3 cm)
1/2 kayu manis
3 cengkeh
3 lbr daun salam
3 lbr daun polo (ini yang paling sulit didapat)

Rebus bersama-sama semua ramuan sampai mendidih,begitu mendidih matikan dan tutup panci sampai temperatur sedikit turun.Seduh dapal gelas,sajikan dengan tambahan pemanis gula jawa.

0 Comments:

Post a Comment

<< Home